ANALISIS STRATEGI PEMASARAN GELAMAI ERINA DI KELURAHAN PARIK RANTANG KOTA PAYAKUMBUH

  • Nur Israwati STIA LPPN PADANG
  • Yenni Jufri STIA LPPN PADANG
  • Donna Ikranova Febrina STIA LPPN PADANG

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1). Untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman pada pemasaran Gelamai Erina di Payakumbu. Metode analisis data yang digunakan yaitu, metode penelitian kualitatif dan analisis SWOT. Berdasarkan hasil analisis matrik SWOT didapatkan beberapa strategi yang dapat dijadikan acuan dalam memperbaiki pemasaran pada Gelamai Erina. Adapun strategi tersebut: 1). Strategi S-O (strenghts-opportunities)          mempertahankan harga dan meningkatkan kualitas produk untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen, menjalin kerjasama dengan agen distributor, dan memanfaatkan lokasi yang strategis, 2). Strategi S-T (strenghts-treathts) menciptakan suatu inovasi paroduk yang baru dengan menciptakan suatu kreasi bentuk dan cita rasa baru dengan tetap mempertahankan ciri khas dari rasa gelamai sendiri, 3). Strategi W-O (weaknesses-opportunities) menjalakan sistem manajemen organisasi internal perusahaan, memperluas jaringan pasar ke luar sumbar dan menggunakan iklan dalama sistem penjualan, 4). Strategi W-T (weaknesses-treathts) meningkatkan kegiatan promosi dan membangun dan mengembangkan usaha patungan dengan pihak yang menyediakan modal dan bahan baku untuk meningkatkan kapasitas produksi dan memenuhi kebutuhan modal yang masih minim. Dari kesimpulan dapat disarankan hal berikut: 1). Membuat kas perusahaan dan menjalin kerjasama dengan investor, 2). Mengembangkan saluran pemasaran ke supermarket dan membuka cabang di berbagai tempat wilayah Sumatra Barat, 3). Mempertahankan strategi pemasaran yang sudah ditetapkan dan menambah strategi pemasaran baru

Published
2020-10-01
How to Cite
ISRAWATI, Nur; JUFRI, Yenni; FEBRINA, Donna Ikranova. ANALISIS STRATEGI PEMASARAN GELAMAI ERINA DI KELURAHAN PARIK RANTANG KOTA PAYAKUMBUH. JURNAL Public Administration, Business and Rural Develoment Planning, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 11-17, oct. 2020. ISSN 2714-7738. Available at: <https://ejournal.stia-lppn.ac.id/index.php/journal/article/view/74>. Date accessed: 26 apr. 2024.